WHAT'S NEW?
Loading...

Adu Eksis Aplikasi chatting for Smartphone - Kakao Talk (4) Kesimpulan

4. Kakao Talk

Kakao Talk bukanlah aplikasi baru, sebelumnya Kakao Talk telah lama hadir, namun iklan di TV memang baru - baru  ini, sistem marketing Kakao Talk mengikuti WeChat, dan memang cukup berhasil menggaet pegguna smartphone Indonesia, bermodal Sherina dan Big Bang pada iklan, merupakan jurus jitu sehingga membuat Kakao Talk menjadi Top Free Apps peingkat pertama di Play Store Indonesia.


(*)Registrasi

Sama seperti yang lainnya, Kakao Talk menggunakan sistem registrasi nomer, sehingga memudahkan dalam pertemanan, sistem pertemanan Kakao Talk sendiri juga sangat mudah, yakni Kakao Talk  mencari nomor di kontak, apabila terdapat nomer yang telah tergistrasi oleh Whatsapp, maka akan otomatis masuk ke dalam contact di Kakao Talk, dan dapat menambah teman dengan mudah anda dapat mencari sesuai ID, QR Code, Shake, ataupun meng-invite bagi teman yang belum menggunakan Kakao Talk, sama seperti Line dan WeChat, Kakao Talk memiliki Official Account yang diberi nama "Plus Friends" tanpa dijelaskan pastinya anda tau fungsinya Plus Friends.

(*) UI

UI Kakao Talk sangat sederhana, tema default Kakao Talk menyajikan warna puting dan coklat, Kakao Talk terdiri 4 menu di bagian atas, ada Friends, Chats, Fid, dan More. Halaman awal Kakao Talk sama dengan Line, yakni menu yang terakhir dibuka, namun Kakao Talk dapat mengganti tema sesuai keinginan dengan men-download di Item Store.

(*) Feature Chat

Sebenarnya Kakao Talk lebih mengandalkan VoIP (Voice Internet Protocol) seperti Skype, namun tetap saja pengguna lebih menyukai fitur chattingnya. Pada menu chatting kita dapat memasukkan beberapa item yang dinginkan, namun pada Kakao Talk lebih banyak dan simple, terleihat terdapat beberapa yang ada di Kakao Talk namun tidak ada di aplikasi lain seperti Schedule dan Vote. Fitur emotion dan stiker pun tidak di bawa ribet, pengguna dapat mendownload stiker di menu chatting sendiri.

(*) Other


Seperti yang dikatakan barusan, Kakao Talk lebih mengutamakan VoIP, Kakao Talk menyediakan telfon internet secara gratis (tidak termasuk biaya GPRS) Selain VoIP, Kakao Talk juga memiliki Kakao Account, dimana apabila pengguna memiliki Kakao Account, pengguna bisa Log in ke Kakao Games & Kakao Apps dengan Kakao Account. Sebenarnya diantara 4 aplikasi chatting ini Kakao Talk memiliki ukurang yang paling kecil, namun sayangnya Kakao Talk tidak dapat dipindahkan ke memory SD

(*) Penilaian Kakao Talk
(+)
- Ukuran Kecil
- Tema dapat diganti
- Tidak ribet
(-)
- Tidak dapat dipindah ke SD
- Pengguna masih sedikit
- Desain kurang menarik
- Features kurang banyak

(*) Kesimpulan

Bermodal telepon gratis Kakao Talk beda dari yang lain, iklan di TV cukup menggaet pelanggan menjadikan Kakao Talk aplikasi no.1 di Play Store, namun Kakao Talk harus bekerja keras, walaupun jumlah download terbanyak, menurut survey yang saya lakukan, jarang orang yang menggunakan Kakao Talk, dalam kata lain Kakao Talk menduduki peringkat ke-4 dalam jumlah penggunaan.


KESIMPULAN

1. WhatsApp

  • Registrasi                                      7 Point
  • UI                                                9 Point
  • Feature Chat                                4 Point
  • Other                                           6 Point
    • Rata - rata                          6.5 Point


2. WeChat

  • Registrasi                                      7 Point
  • UI                                                8 Point
  • Feature Chat                                7 Point
  • Other                                           9 Point
    • Rata - rata                          7.75 Point




3. Line


  • Registrasi                                      9 Point
  • UI                                                6 Point
  • Feature Chat                                9 Point
  • Other                                           8 Point
    • Rata - rata                          8 Point



4. Kakao Talk

                                                                         


  • Registrasi                                      8 Point
  • UI                                                7 Point
  • Feature Chat                                8 Point
  • Other                                           8 Point
    • Rata - rata                          7.75 Point


Dilihat dari rata - rata point, maka Line adalah juaranya, namun pilihan kembali ke anda, bisa jadi anda memiliki semua aplikasi agar tidak ribet :D . Apabila anda mencari aplikasi chatting yang ga pale ribet, saya merekomendasikan Whatsapp, mengingat pengguna whatsapp lebih aktif dibanding yang lain, namun bagi anda yang suka bertukar stiker pilihlah Line yang telah mendukung banyak stiker yang lucu, Sedangkan apabila anda yang ingin mencari teman baru, atau sering iseng pilihkah WeChat dengan fitur unik seperti Look Arround dan Shake. Dan untuk Kakao Talk, saya merekomendasikan untuk yang suka "halo halo" via Internet kepada teman ataupun yang "spesial" :D


WhatsApp             .                WeChat              .                  Line               .                 Kakao Talk

1 comment: Leave Your Comments