WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Lebih Dekat Near Field Communication

Near Field Communication Logo
NFC (Near Field Commucinaction) saat ini menjadi salah satu fitur wajib bagi smartphone, dulu smartphone yang mendukung NFC hanya smartphone android dan blackberry 10, tapi sekarang Windows Phone mendukung NFC. Namun apa sih NFC itu ? apa fungsinya dalam smartphone ? Ya kita akan membahas fungsi dan pengaplikasian NFC dalam kehidupan sehari – hari dengan menggunakan perangkat yang memiliki fitur ini.


Using NFC - XPERIA M
NFC merupakan komunikasi berbasis radio sama seperti bluetooth, namun untuk menghubungkan ke dua perangkat cukup dengan mendekatkan atau menyentuhkan perangkat satu dengan perangkat lainnya, NFC memiliki fungsi yang sama dengan bluetooth yakni mengirim dan menerima sinyal radio, namun perbedaannya yang sangat mencolok terletak pada jarak dan kecepatan. Kecepatan dan jarak NFC dapat dikatakan tidak sebaik bluetooth, jarak sinyal bluetooth kurang lebih 50 m, sedangkan NFC kurang dari 0.2 m, sedangkan dilihat dari kecepatan bluetooth mampu mencapai 2.1 Mbit/s, dan NFC hanya 424 kbit/s. Dilihat dari kecepatan dan jarak sinyal (Range), bluetooth lebih baik dari pada NFC, lalu di manakah letak kelebihan NFC ?
 
NFC on Android - XPERIA T
Kelebihan NFC terletak dari kemudahan dalam melakukan sambungan (pairing), apabila kita ingin menghubungkan dengan bluetooth, kita harus melakukan pairing dengan mengirimkan password dan verifikasi, nah sedangkan NFC cukup mendekatkan dua perangkat untuk melakukan pairing, sangat mudah bukan ?. Walaupun NFC didera isu keamanan, namun NFC sebenarnya cukup aman, hacker ataupun cracker tidak dapat melakukan hacking dengan mudah, karena untuk menghubungkan ke perangkat NFC harus disentuhkan, dan tentunya anda pasti akan sadar apabila ada orang yang mendekatkan perangkat lain ke perangkat anda.
Bluetooth and NFC

Lalu kesimpulannya NFC bukan diprioritaskan untuk mengirimkanataupun menerima data mengingat kecepatan dan jarak jangkau NFC yang sangat lemah, nah karena kemudahan sistem pairing yang mudah, NFC dioptimalkan untuk menyambungkan kedua perangkat, jadi dengan adanya NFC  tidak akan serepot menggunakan bluetooth biasa yang harus melakukan pairing dengan susah, walaupun begitu fungsi bluetooth masih dibutuhkan, setelah ke dua perangkat disambungkan oleh NFC, maka data akan dikirimkan melalui bluetooth.

NFC on Tablet XPERIA Tablet Z - XPERIA Z
Pengaplikasian NFC sudah diterapkan baik pada perangkat utama maupun di perangkat aksesoris, contohnya beberapa smartphone telah dibekali NFC seperti XPERIA Z Ultra, Samsung Galaxy S 4, dan HTC One, tidak hanya smartphone, beberapa tablet telah memiliki itu ini peri XPERIA Tablet Z dan SONY Vaio Duos 11,  namun tidak hanya smartphone kelas atas saja yang memiliki fitur NFC, perangkat smartphone kelas menengah pun ada yang memiliki fitur NFC, seperti  XPERIA M, XPERIA L, dan XPERIA Sola.
Google Wallet Illustration

Selain untuk mengirim dan menerima data, NFC pun digunakan untuk alat pembayaran, terdapat kartu kredit di beberapa negara yang menggunakan sistem NFC, bentuk kartu NFC ini seperti kartu ATM biasa, namun biasanya kartu ATM digesek, kartu ATM NFC cukup ditempelkan pada NFC reader, nah selain menggunakan NFC card, pembayaranpun bisa dilakukan oleh smartphone yang memiliki NFC, Google telah memfasilitasi dengan aplikasi Google Wallet, di sini pengguna bisa login ke kartu kreditnya dan melakukan pembayaran dengan menempelkan smartphonenya ke NFC reader

NFC on Laptop - Vaio Pro - XPERIA Z

Selain smartphone dan tablet, laptop pun kini telah dilengkapi NFC, walaupun masih jarang laptop dengan NFC tapi Sony mengeluarkan seri VAIO dengan NFC, seperti Vaio Tap, Vaio Fit, Vaio Pro . Karena ukuran laptop yang dapat bidilang sangat besar maka fungsinya pun terbatas, fungsi NFC pada laptop atau desktop  berfungsi untuk mengirimkan dat, dan yang unik, kita juga bisa berbagi alamat website yang kita kunjungi di smartphone, nah selain itu, fungsi NFC di laptop untuk menghubungkan ke aksesoris yang memiliki NFC, contohnya speaker yang memiliki NFC

NFC on Television - Bravia W802 - XPERIA M
Selain laptop dan desktop, fitur NFC pun terdapat dalam Smart TV loh, Karena pasti ribet kan kalau harus berjalan dan menyentuhkan smartphone ke TV, nah karena itu biasanya bagian TV yang memiliki NFC di bagian remotenya, jadi tidak perlu jalan jalan kalau mau menghubungkan ke TV. Tujuan  NFC pada TV hampir serupa dengan laptop, yakni bukan untuk menjadi alat pembayaran, fitur NFC ini lebih diutamakan untuk fitur mirroring pada smartphone, tablet, ataupun desktop, dengan adanya fitur ini, kita dapat menampilkan foto, video, bahkan musik pada Smart TV yang memiliki fitur NFC. Salah satu Smart TV yang memiliki fitur NFC adalah SONY Bravia W802 Series LED Internet TV.

- SONY  Wireless SpeakerSRS-BTV5 - XPERIA L
Untuk menunjang perangkat NFC, beberapa vendor telah mengeluarkan aksesoris yang memiliki fitur NFC, seperti speaker, hedset, NFC tag, dan lain lain, dengan menyentuhkan perangkat NFC, seperti tablet ataupun smartphone ke speaker NFC maka otomatis perangkat tersebut terhubung, sehingga kita tidak perlu melakukan pairing lagi, contoh aksesoris yang mendukung NFC yaitu SONY Stereo Bluetooth Headset SBH20, Wireless Headset DR-BTN200M, SONY Wireless Speaker SRS-BTM8, dan SONY Wireless Speaker SRS-BTV5, sebenarnya masih banyak speaker  atau headet yang mengadopsi fitur NFC, namun di antara vendor lainnya, SONY terlihat lebih agresif meluncurkan perangkat yang mendukung NFC
 
- SONY SmartTags NT2 - XPERIA S
Selain speaker atau headset, terdapat inovasi baru yang enggunakan fitur NFC, yakni SmartTag, perangkat aksesori tambahan ini pertama kali diperkenalkan oleh SONY saat peluncuran XPERIA Sola,  saat ini sudah tersedia XPERIA SmartTags NT 2, merupakan generasi ke 2 dari SONY XPERIA SmartTags. Lalu apa itu SmartTag ? SmartTag merupakan perangkat mungil yang dapat digantungkan dimana saja, fungsi alat ini adalah mengaktifkan aplikasi atau mengubah pengaturan secara otomatis ketika ditempelkan pada SmartTag, mungkin ini cukup sepele, namun bagi yang tidak mau ribet, alat ini bisa menjadi alternatif.
(update) kini sudah tersedia NT3, untung lebih lengkap tentang Sony SMartTag, dan info SmartTag NT3 bisa dilihat di sini
 
SONY SmartWatch 2 SW 2 - XPERIA Z Ultra
Belum lama ini SONY mengeluarkan SONY SmartWatch 2 SW 2, merupakan generasi ke 3 SmartWatch, sebelumnya SONY mengeluarkan LiveView bersamaan Sony Ericsson XPERIA Active, lalu mengeluarkan Smartwatch saat Sony menjadi milik penuh SONY. Namun perbedaan kentara pada generasi ke 3 ini, dimana SONY SmartWatch 2 memiliki fitur NFC, fungsi NFC di smartwatch ini untuk menghubungkan smartphone ke Smartwatch, dan setelah terhubung, koneksi akan dilanjutkan kembali oleh Bluetooth 4.0 dengan mode hemat.
(update) Sony Smartband, gelang Wearable Tech dengan NFC di sini

BBM Channel

Ayo gabung di BBM Channel Sulistiyotr's Blog, and stay update tentang hot news technology dan update update dari Blog ini, di tunggu "Join"nya ya


1 comment: Leave Your Comments