WHAT'S NEW?
Loading...

Blacberry OS, Sistem Operasi Pebisnis Menyasar Kaum Social.

Blackberry Logo

Company : RIM (Research in Motion)
Programmed in : C++
OS Family : Mobile OS
Latest Stable Release : 7.0
Suppoerted Platforms : Blackberry Smartphone
Kernel Type : Java
Official Website : us.blackberry.com/apps-software/devices

Sebelumnya saya telah membahas tentang iOS, sekarang saya akan membahas tentang sistem operasi dari Kanada. Tentunya anda sudah tidak asing dan familiar dengan smartphone yang memakai OS ini, ya benar, OS ini ditunjukkan kepada Blackberry smartphone saja, tentu saja kesan eksklusif hadir di tangan para penggunaBlackberry.

 Kehadiran Blackberry di Indonesia sisambut baik oleh masyarakat Indonesia, bahakan Blackberry menjadi smartphone nomer 1 di Indonesia, bahkan Android sekalipun tidak mampu menaklukan Blackberry. Rahasia utama Blackberry adalah dengan adanya BIS (Blackberry Internet Service) serta BBM ( Blackberry Messenger) menjadi senjata utama dari pihak RIM. Selain itu pula Blackberry memiliki kelebihan push-mail  yang dapat membuat e-mail atau notification seperti SMS biasa, karena itu Blackberry cocok dalam mengatasi coporate e-mail. Dan yang terakhir adalah update software dan OS yang dapat di lakukan OTA ( On The Air ) yang memungkinkan pengguna Blackberry smartphone dapat melakukan update tanpa bantuan perangkat apapun, termasuk komputer.

Blackberry Messenger Logo

Di sisi lain Blackberry memiliki kekurangan yaitu pengguna Blackberry di wajibkan membayar biaya langganan BIS termasuk BBM, karena itu Blackberry sering di anggap boros. Selain itu kekurangan dari Blackberry adalah tampilan UI yang monoton dan membuat bosan, kerap kali menghabiskan dana untuk infrastruktur jaringan, sedangkan tampilan sering di abaikan.

Blackberry OS Version

Blackberry pertama dengan OS7
Sistem operasi terbaru dari RIM yang telah tersedia adalah Blackberry OS 7, sistem operasiini diluncurkan pada tanggal 2 Mei 2011, sistem operasi ini telah di masukan (include) dalam pemasaran Blackberry Bold 9900, Blackberry Bold 9930, Blackberry Touch 9850. Blackberry Touch 9860, Blackberry Curve 9350, Blackberry Curve 9360, serta Blackberry Curve 9370, bagi pengguna OS 6 yang dapat di upgrade menjadi OS 7 hanya Blackberry Touch 9810, tidak ada keterangan bagi Blackberry smartphone lainnya, namun isu yang berdar bahwa penggyna selain Blackberry Tourc 9810 tidak dapat melakukan upgrade menjadi OS 7.

Selain itu Blackberry memiliki OS lain yang bersifat mikrokernel (QNX), namun sistem operasi ini hanya digunakan pada Blackberry Playbook saja, namun rencananya Blackberry OS akan digabung dengan QNX menjadi BB10 yang mulanya diberi nama BBX.
Blackberry Playbook dengan QNX

0 komentar:

Post a Comment