WHAT'S NEW?
Loading...

Android, Robot Hijau dari Raksasa Intenet

Android Logo

Company / Developer : Google Inc, OHA
Programme in : C (Core), Java (UI, C++
Latest stable Release : 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Supported platforms : ARM, MIPS, x86
Kernel type : Linux Kernel (monolithic)
Official website : http://android.com 

Siapa yang tidak kenal OS yang satu ini, mungkin hampir semu tau Android, sistem operasi ini bersifat open source sehingga semua orang dapat memodifikasi nya, bahkan tidak hanya smatphone saja yang kompatibel dengan Android, tablet, multimedia player bahkan printer pun dapat "dimasukkan" sistem operasi robot hijau ini. Namun masih ada orang yang belum mengetahui bahwa Android adalah sistem operasii besutan Google, maklum saja Android dulunya memilki sejarah sama dengan YouTube, keduanya adalah perusahaan yang telah diakusii oleh Google, sebelumnya Androis adalah perusahaan independen yang bernama Android Inc., pada tahun 2005 akhirnya Google Inc. meminangnya.


2 tahun kemudian setelah Android diakusisi Google, akhirnya Android diluncurkan perdana pada tanggal 5 November 2007, saat itu Android berkerja sama dengan OHA (Open Handset Allience) bersama - sama mendukung perkembangan standar terbuka bagi perkembangan seluler. Awalnya Android 1.0 merupakan hasil modifikasi kernel Linux 2.6, semakin kesini Android memperbiki bug yang ada dan menambahkan fitur - fitur yang intuitif.


Android OS Version



Android 1.1

Android 1.1 (tanpa code name)


Diluncurkan pada tanggal 9 Maret2009, Android dilengkapi oleh notification estetis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, e-mail Gmail, dan notification e-mail.


Android Cupcake

Android 1.5 (Cupcake)


Pembaruan Android di versi ini antara lain adalah kemampun multimedia yang ditingkatkan, support bluetooth A2DP, serta keyboard virtual yang dapat dimodifikasi sesuai sistem yang digunakan.


Android Donut

Androis 1.6 (Donut)



Pada Android 1.6 terdapat pembaruan seperti perbaikan pencarian yang membuat lebih baik dari versi sebelumnya, Penggunaan baterai indikator, dan kontrol applet VPN.


Android Eclair

Android 2.0/2.1 (Eclair)


Di sisi software tidak ada perubahan yang signifikan, hanya terdapat perbaikan bug dan penambalan keamanan, namun terdapat peningkatan optimalisasi hardware.


Android Froyo

Android 2.2 (Frozen Yogurt/Froyo)


Di sini terdapat penningkatan software yang signifikan, di antaranya adalah dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi meningkat 2 -5 kali lipat, intergrasi V8 JvaScript engine yang dipakai Google Chrome yang digunakan untuk mempercepat kemampuan rendering pada browser.


Android Gingerbread

Android 2.3 (Gingerbread)


Mirip dengan Eclair, di Gingerbread hanya penambalan keamanan, peningkatan aplikasi, dan UI (user interface) yang lebih baik.


Android Honeycob

Android 3.0/3.1 (Honeycomb)


Versi yang satu ini diraancang untuk Tablet yang membantu para vendor mengalahkan iPad, walaupun bisa dibilng Honeycomb membuat tertarik para konsumen. Honeycomb telah mendukung multi-processor dan akselerasi hardware untuk pengolahan grafis yang lebih baik.


Andoid ICS


Android 4.0 (Ice Cream Sandwich/ICS)


Tidak seperti Honeycomb yang hanya dapat digunakan pada tablet saja, ICS dapat digunakan dengan baik di tablet maupun smartphone, upgade yang ada di ICS adalah Face Unlock yang memungkinkan pengguna dapat membuka kunci dengan wajah, Beam pengiriman data melalui NFC, Gmail yang lebih baik, UI Camera yang lebih mudah,Voice typing, 3D maps untuk tablet.


Dari sederet update OS terdapat yang unik dari code name yang diberikan, selain di ambil nama makanan penutup, nama - nama tersebut berurutan abjadnya di mulai dari C-D-E-F-G-H-I dan akan di lanjutkan selanjutnya, nama A-B tidak ada karena pihak Android maupun Google tidak menemukan nama makanan penutup dari huruf A dan B,

0 komentar:

Post a Comment