WHAT'S NEW?
Loading...

Android M. Sang Bintang I/O 2015



Bagi kamu para fans Google terutama Android, maka acara I/O 2015 merupakan acara yang tidak dapat kamu lewatkan, karna diacara ini Google memperkenalkan generasi Android selanjutnya, sayangnya kita belum mengetahui apa nama code name versi selanjutnya, apakah muffin, marshmallow ataupun nama lainnya. Namun bukan masalah nama yang pusat perhatian kita, melainkan apa fitur utama dari Android M ini.

1. App permission


App Permission Android M

Ada hal baru pada perizinan aplikasi di Android M, pengguna dapat mengatur perizinan aplikasi saat aplikasi berjalan, sebelumnya pengguna yang mengunduh aplikasi di Playstore secara otomatis dianggap mengizinkan aplikasi tersebut mengakses hardware kita, seperti microphone, data kita, kamera, dll. Akan tetapi di Android M permintaan izin aplikasi didapat saat kita menjalankan aplikasi tersebut.

2. Now on Tap

Now On Tap. Android M

Sebenarnya fitur ini merupakan fitur dari Google Now, akan tetapi fitur Now on Tap sepertinya hanya tersedia untuk Android M, sehingga bagi kalian yang ingin mencoba fitur canggih ini anda  harus pastikan smartphone kamu dapat di upgrade ke Android M. Nah apa keunggulan Now On Tap ?
Now sendiri merupakan asisten pribadi seperti Siri atau Cortana, untuk memanggil Now cukup mengatakan "Ok Google" lalu katakan apa yang ingin kalian butuhkan, nah di Now On Tap kamu tak perlu mengatakan "Ok Google" cukup tekan home button lama maka Now akan otomatis mencari apa yang kalian butuhkan tanpa perlu berbicara.

3. Penghemat Baterai

Doze. Android M

Mungkin masalah baterai menjadi masalah serius bagi beberapa  smartphone, di Android M hadir fitur Doze yang diharapkan mampu memperpanjang  umur pemakaian baterai, Cara kerja Doze sebernarnya mirip seperti extended battery dimana mengurangi background app yang berjalan saat layar mati, sehingga daya yang dibutuhkan lebih sedikit, akan tetapi beberapa sensor, alarm, dan notifikasi penting masih dapat berjalan dengan baik. Kabarnya Nexus 9 dapat bertahan 2x dengan menggunakan fitur ini, akan tetapi apakah 2x ini merupakan lama standby atau pemakaian.


4. Android Developer Tools

Android Studio 1.3.

Buat kamu yang hobi membuat aplikasi Android dan lebih menyukai bahasa pemograman C/C++ maka versi terbaru Android Studio wajib kamu unduh, karena di versi 1.3 ini Android Studio sudah mendukung bahasa C/C++ jadi ayo write a code, change the world !

Selain ketiga fitur itu masih ada banyak lagi fitur yang tersedia di Android M, sayangnya fitur-fitur itu seperti "penebus dosa" Android terhadap iOS, karena fitur-fitur tersebut ternyata sudah dilangkahi oleh iOS sehingga biasa-biasa saja, apa saja itu ?

1. Dukungan sensor sidik jari


Android M secara resmi mendukung keamanan sidik jari, sehingga bagi vendor lain yang ingin membuat smartphone dengan sidik jari Android sudah memfasilitasi mulai dari kemanan dan kode lainnya.

2. Android Pay

Android Pay

Apakah ini fitur pembunuh Google Wallet atau pelengkap, tetapi fitur ini memang dibutuhkan mengingat Apple sudah menjalankan Apple Pay-nya dan terbukti sukses.
Sama seperti dompet digital pada umumnya, Android Pay dapat digunakan pengganti dompet ataupun kartu kredit, Android Pay dijaga dengan keamanan sidik jari sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan pencurian ataupun lainnya.

Sedangakan untuk tampilan Android M tidak terlalu banyak berubah, sehingga mungkin Android M memiliki kode 5.2, hal ini kita bisa melihat dari perubahan tampilan, ketika 2.xx menjadi 3.xx, ataupun 4.xx ke 5.xx  membawa tampilan yang berubah sangat drastis, sedangkan Android M membawa perubahan penampilan yang berarti, so... kita lihat versi final dan apa nama dibalik M-nya itu

Upgrade

Walaupun Android M dikabarkan ramah hardware akan tetapi tetap saja keputusan upgrade os pengguna tergantung sipembuat smartphone saja. Akan tetapi ada beberapa smartphone yang dapat dipastikan mendapatkan Android M, apa saja itu ? Sebelumnya kami bekerja sama dengan Bhinneka untuk memilih gadget terbaik pilihan kami, apa saja itu ? Klik link dibawah ini dan beli gadget pilihan kamu !
1. Nexus 5 keatas
2. Nexus Tablet 9
3. Motorola

Sumber

BBM Channel

Ayo gabung di BBM Channel Sulistiyotr's Blog, and stay update tentang Hot news technology dan update update dari Blog ini, di tunggu "Join"nya ya

0 komentar:

Post a Comment