WHAT'S NEW?
Loading...

Kitkat, "Gimmick" Jitu Jegal kepopuleran iOS 7

Ejekan Nokia terhadap Kitkat


Sebelumnya saya ingin memposting artikel ini sejak peluncuran Android terbaru ini. Android 4.4 hadir dengan nama yang tak terduga dan namanya pun tak terhendus oleh awak media dan para pengamat teknologi, memang "apalah arti dari sebuah nama" tapi dengan nama yang unik membuat media menyoroti dan kepopulerannya pun melonjak tajam, itulah yang saya amati. Peluncuran 4.4 Kitkat tidak jauh dari iOS 7 yang merupakan OS terbaru perusahaan buah itu. Tepatnya Apple memperkenalkan iOS pada bulan September dan Kitkat pada bulan Oktober, sangat berdekatan.



(*)Sebelum ada Kitkat ada iOS 7

iOS 7 lebih dahulu diperkenalkan

iOS 7 hadir sangat berbeda dengan iOS sebelumnya, seluruh awak media menyoroti, memang tidak ada fitur baru yang signifikan, tapi perubahan UI didalam sebuah OS merupakan sesuatu yang sangat fantastis, terlebih lagi apabila UI itu benar benar sangat modern, kreatif, dan tentunya sukses. Masih belum percaya bahwa perubahan UI menjadi sorotan ? coba lihat saat Windows 8 hadir dengan Modern UI, semua orang tertuju dengan tampilan Windows 8, dan itu sama ketika Apple memperkenalkan iOS 7. Oke kembali ke topik, iOS 7 benar benar membuat media menyoroti Apple, dan yang lebih parah, hampir banyak reviewers yang memuji habis habisan tampilan terbaru ini, dan iOS 7 sukses membuat iOS sebelumnya terlihat jadul dan tentunya Apple menjadi raja sekaligus selebritis di media manapun di dunia.

(*) Android hadir dengan nama nyeleneh

Video Kitkat yang meniru gaya Apple

Sebulan iOS 7 diluncurkan, Google meluncurkan Kitkat, dan Google  menjadi sorotan saat itu, bagaimana tidak ? Kitkat merupakan produk coklat buatan Nestle yang sudah terkenal di seluruh dunia kini menjadi nama selanjutnya untuk OS buatan Google ini. Hadir dengan nama yang sangat baru membuat Android menjadi "the next celebrity after Apple". Sebelumnya Android 4.4 ini dirumorkan bernama Key Lime Pie, namun ternyata Google merasa nama ini kurang populer, dan mendapatkan ide untuk mengganti nama menjadi makanan yang sering dimakan para karyawannya, yakni "Kitkat"

(*) Ada Udang di balik batu

Fitur Kitkat yang tidak banyak berubah

Kehadiran Kitkat yang menjadi selebriti baru tidak mengherankan, tapi ditilik tilik ada yang aneh. Sebelum Kitkat diluncurkan, iOS 7 dipuji puji dan seluruh awak media menyoroti Apple, apabila Google masih menggunakan "Key Lime Pie" tentu saja membuat para media dan masyarakat menganggap angin lalu, jadi menurut saya nama "Kitkat: hanya untuk membuat gimmick atau show awal untuk menyedot perhatian media dan masyarakat. Kenapa saya berpikir seperti itu ? Pertama, seperti yang saya katakan, Google ingin mengambil perhatian dari hingar bingar iOS 7, apabila semua orang masih terfokus di iOS 7, maka Android 4.4 gagal diperkenalkan. Kedua, coba lihat fitur Kitkat, peningkatan fitur sangat standar dibandingkan peningkatan ketika ICS atau Jelly Bean. Ketiga, mengapa nama Kitakat diberikan mendadak ? dan penamaan Kitkat tidak terlalu jauh dari iOS 7, dan gaya video pengenalan  Kitkat  mirip iOS 7. Dan yang terakhir, coba lihat akhir akhir ini, apabila Kitkat memang OS revolusioner maka nama Kitkat masih sehingar bingar iOS 7, buktinya Kitkat akhir akhir ini sedikit meredup, dan iOS 7 masih di atas angin.

(*) Kesimpulan



Pendapat orang tidak semuanya benar, termasuk saya. Namun dari pengamatan saya "Kitkat" hanya digunakan oleh Google karena rasa takut akan kepopuleran iOS 7 yang saat itu benar benar mengguncang dunia teknologi. Apabila kalau bukan untuk gimmick, coba lihat lagi apa kelebihan 4.4 Kitkat ? peningkatan Kitkat bahkan dapat berjalan di Android 4.1 seperti full screen book, "OK Google", Hangouts, dll. Itu berarti peningjatan tidak hanya untuk Kitkat, lalu apa kelebihan kitkat selain peningkatan performa ?

0 komentar:

Post a Comment