WHAT'S NEW?
Loading...

iOS sistem operasi impian untuk gadget impian

iOS Logo
Dalam review pertama kali ini saya akan membahas iOS, mungkin mendengar namanya anda sudah takjub dengan namanya, mengkin sudah tidak heran, OS satu ini diperuntukkan untuk pengguna iPhone, iPad, serta iPod Touch, memang awalnya iOS hanya mendukung iPhone saja, namun seiing dengan perjalanan iOS akhirnya hadir di iPad serta iPod Touch, kehadiran iOS sungguh luar biasa, mahakarya mendiang Steve Jobs ini sungguh istimewa dan unggul,
Mulanya iOS adalah bagian dari MacOS, karena sama - sama melibatkan komponen Darwin, apa itu Darwin ? Darwin di sini bukan nama orang, melainkan sistem operasi terbuka di bawah naunhan APSL (Apple Public Source License).

Sistem Layers iOS
Pada iOS terdapat abstraction layers yang terdiri dari 4 lapis, diantaranya:
1. Core OS layer
2. Core Service layers
3. Media layer
4. Cocoa Touch layer

Versi iOS

iOS selalu berkembang sesuai dengan seiringnya perkembangan hardware, update iOS yang signifikan diiringi dengan update gadget, terutama iPhone, biasanya setiap iPhone generasi baru memiliki sistem operasi berbeda dari sebelumnya, lalu bersi berapa saja yang telah dirilis ? saya akan menerangkan sekilas setiap iOS yang telah dirikis hingga saat ini.

iPhone generasi pertama
iOS 1.x
Ini adalah generasi awal iOS yang diluncurkan pada tanggal 29 Juni 2007 bersamaan dengan peluncuran iPhone generasi pertama, saat itu iPhone terjual sangat laris manis, mengingat sedikit nya pesaing layar sentuh yang ber-OS.

iPhone 3G
iOS 2.x
Setelah sukses dengan kehadiran iPhone generasi pertama, Apple memperkenalkan iPhone 3G pada tanggal 11 Juni 2008, memang di saat itu koneksi 3G adalah koneksi nirkabel yang terbaik. Apple pun tidak mau menyia nyiakan momen seperti itu.
Selain dukungan terhadap koneksi 3G, disini Apple pun memperkenalkan pertama kalinya App Store, kios atau aplikasi yang menyediakan ratusan aplikasi berbyar maupun yang gratis.

iPhone 3GS

iOS 3.x
Memang dalam kasat mata tidak ada perubahan yng signifikan antara iOS 2.x ke iOS 3.x, namun sistem operasi yang diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2009 ini terdapat perubahan - perubahan yang mendasar serta keamanan di dalam iOS 3.x, seperti menekan tombol home lebih lama untuk pindah aplikasi, karena iOS 3.x lebih baik dalam menangani multi-tasking.
Dalam iPhone 3GS terdapat peningkatan kamera menjadi 3MP yang  mulanya hanya 2MP.

iPhone 4
iPad
iOS 4.x
Pada 21 Juni 2010 Apple memperkenalkan iOS4. Dalam iOS 4.x terdapat perubahan yang signifikan dalam UI yang lebih cerah, serta penambahan 1.500 API terbaru untuk para developer, di iOS 4.x telah mendukung iPad dan iPod Touch, selain itu iOS 4.x mendukung resolusi tinggi yang dibenamkan pada iPhone 4 yang disebut Retina Display.

iPad 2
iPhone 4S
iOS 5
iOS 5 tergolong anyar karena diluncurkan pada tanggal 6 Juni 2011, di dalamnya terdapat beberapa upgrade yang signifikan, diantaranya, iCloud : untuk menyimpan data di internet, iMessage chat, untuk melakukan chatting sesama iOS 5, sistem notifikasi yang baru, intergrasi dengan Twitter, bahkan dalam iPhone 4S terdapat Siri, Siri adalah asisten pribadi yang dapat menjawab, mencari di Internet yang di perintah oleh "majikan" melalui suara, iOS mendukung iPad, iPad 2, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4s, iPod Touch versi ke 3 sampai 5.

0 komentar:

Post a Comment